Kamis, 10 Maret 2011

Samyu wan ,obat pilek di pagi hari dan sinusitis


Hidung tersumbat serta bersin memang penyakit yang tidak fatal, tapi bagaimana jika muncul hanya dini atau pagi hari? Seperti yang saya alami, kondisi wajib ketika bangun pagi adalah: pilek. Tapi pilek tersebut tidak bertahan lama, jika sudah agak siangan pasti berhenti sendiri, dengan kata lain penyebabnya adalah udara dingin pagi hari.Setelah di-google, saya baru ngeh kalau istilah medis untuk keadaan penyakit itu adalah Vasomotor Rhinitis. Seperti diungkapkan di wikipedia, selain udara dingin pagi hari, perubahan cuaca, suhu, atau tekanan barometrik, irritants kimia seperti asap, ozon, polusi, perfumes, dan semprot aerosol, stres psikologis emosional dan guncangan, beberapa jenis obat, alkohol, dan bahkan makanan pedas juga bisa menjadi penyebabnya.

Saluran nafas kita, secara alamiah memiliki pertahanan yang berlapis, mulai dari bulu hidung yang berfungsi menyaring debu/kotoran kasat mata, berlanjut dengan bulu-bulu halus yang terdapat pada permukaan (mukosa) saluran nafas, yang berfungsi untuk menyaring debu yang halus dan super halus, sampai dengan sistem pertahanan yang melibatkan antibodi atau sel pertahanan tubuh yang dikenal dengan sel darah putih. Sel inilah sebagai lapisan terakhir yang bertanggung jawab kalau ada benda asing, jasad renik, atau kuman yang lolos dari kedua macam pertahanan tersebut. Normalnya, jika ada sesuatu, debu, atau katakanlah benda asing yang masuk dalam saluran nafas kita, maka dengan sistem pertahanan yang berlapis itu benda asing akan terlontar keluar saat kita membuang nafas. Atau kalau dia sedikit “menggelitik” akan langsung dilontarkan melalui bersin atau batuk. Debu halus yang kadang tak dapat dilontarkan lewat bersin atau batuk sekalipun, akan segera didigelontor oleh cairan yang setiap saat selalu dikeluarkan oleh mukosa saluran nafas. Cairan itu berupa ingus di daerah hidung dan dahak di kerongkongan atau saluran nafas bawah. Keadaan mekanisme pertahanan yang sinkron dengan koordinasi yang rapi itulah yang membuat udara yang sampai di jaringan paru tempat oksigen yang dikandungnya diambil oleh sel darah merah, menjadi steril alias bebas dari kandungan segala macam benda asing. Dapat dibayangkan bagaimana sempurnanya mekanisme pertahanan ini, mengingat jumlah benda asing termasuk kuman yang berseliweran di udara yang selalu kita hirup setiap saat bernafas tanpa hentinya, menjadi benar-benar bersih dan steril.
Vasomotor Rhinitis ini muncul karena pertahanan diri yang cenderung lebih agresif dan lebih sensitif. Respon bersin atau sedikit cairan mukosa sebenarnya sudah memadai, tapi sel darah putih menganggap respon itu tidak cukup, sehingga dia menambah reaksi sampai menganggap semua benda asing harus diperangi, ini yang menyebabkan bersin berulang-ulang. Secara teoritis, penyakit ini tidak dapat disembuhkan, namun hanya bisa dikurangi dengan cara menghindarkan diri dari situasi yang memberikan rangsangan. Bisa juga dengan cara menghangatkan hidung.

Di beberapa post menyebutkan, meningkatkan daya tahan tubuh dengan berolahraga atau memimum multivitamin bisa mengurangi gejala tersebut

Sinusitis

Penyakit pilek sering kali dianggap sebagai penyakit ringan bagi penderitanya. Meski sering kali mengganggu aktivitas sehari-hari, orang sering abai akan penyakit ini. Banyak mitos mengatakan bahwa pilek hanyalah penyakit ringan biasa yang disebabkan oleh es, udara dingin, atau perubahan cuaca mendadak.

Anggapan tersebut bisa benar, bisa juga tidak. Jika pilek yang diderita adalah pilek biasa, mungkin saja hal tersebut benar. Tinggal beli obat, semua pasti beres. Tapi fakta menunjukkan, banyak pilek yang disebabkan oleh sinusitis. Sinusitis sendiri adalah peradangan yang terjadi pada rongga sinus. Penyebabnya adalah infeksi virus atau bakteri. Gejala paling umum adalah sakit kepala, nyeri di daerah wajah, serta demam. Gejala lain adalah wajah pucat, perubahan warna ingus dan sebagian penderita merasakan sakit kepala bertambah hebat ketika kepala ditundukkan ke depan.

Masih menganggap sepele gejala ini? Sebaiknya tidak. Orang memang banyak yang tidak menyadari bahwa pilek yang dideritanya adalah sinusitis. Hal inilah yang membuat orang sering mengabaikannya. Padahal gejala yang dideritanya cukup menyiksa dan tak kunjung hilang. Menurut Profesor Larry C. Borish dari University of Virginia Health System kesalahan persepsi tersebut memang masih sering terjadi.

Sinus sendiri merupakan rongga udara yang terdapat pada bagian padat dari tulang tengkorak sekitar wajah yang berfungsi untuk memperingan tulang tengkorak. Rongga ini berjumlah empat pasang di kiri dan kanan. Sinus frontalis terletak di bagian dahi, sedangkan sinus maksilaris terletak di belakang pipi. Sementara itu, sinus sphenoid dan sinus ethmoid terletak agak lebih dalam di belakang rongga mata dan di belakang sinus maksilaris.

Melihat gejalanya, sinusitis memang penyakit yang cukup serius. Penanganannya pun memerlukan upaya yang lebih serius dibanding mendeteksi pilek biasa. Menurut Profesor Larry, diagnosa sinusitis tidak bisa dilakukan hanya dengan pengamatan biasa. Untuk mendapatkan akurasi tentang sinusitis diperlukan computed tomography (CT) scan. Dari CT scan tersebut baru bisa dipastikan apakah penyakit yang diderita seseorang adalah sinusitis atau hanya pilek biasa.

Sinusitis sendiri dibagi menjadi dua tipe yaitu berdasarkan lamanya penyakit dan jenis peradangan. Dari lamanya penyakit, sinusitis dibagi menjadi sinusitis akut, sub-akut dan kronis. Sinusitis akut bila lamanya penyakit kurang dari 30 hari. Sinusitis sub-akut jika lamanya 1-3 bulan dan jika lebih dari 3 bulan disebut sinusitis kronis. Sinusitis tipe jenis peradangan dibagi menjadi sinusitis infeksi dan non infeksi. Sinusitis infeksi biasanya disebabkan oleh bakteri, sedangkan sinusitis non infeksi biasanya disebabkan oleh alergi dan iritasi.

Melihat bermacam fakta seputar sinusitis, sudah seharusnya kita jeli bila mendapatkan gejala pilek yang tak kunjung sembuh. Bisa jadi penyakit tersebut bukan pilek biasa, tapi sinusitis. Segeralah periksa ke dokter uhtuk mendapatkan perawatan yang tepat agar sinus tersebut bisa disembuhkan dan tidak mengganggu aktivitas Anda.

TERSEDIA SAMYUN WAN




Tersedia obat ANTI PILEK PAGI, yang sangat manjur, harganya cukup Rp 24.000,-/box

aman dikonsumsi & sudah banyak orang yg berhasil.
harga belum termasuk ongkos kirim.

Merk : SAMYUN WAN

Isi : 20 Kapsul
Untuk diminum 1-2 kapsul tiap pagi dan sore dengan air hangat.
(Boleh sebelum atau sesudah makan)

Bisa dikonsumsi untuk usia 8 tahun keatas

Obat ini juga bisa digunakan untuk menambah berat badan.

Untuk pemesanan lebih lanjut & supaya lebih cepat prosesnya, sms ke 08581473534 

PIN BB 28F33374 / pin 21BB1ED6

Pesan : Samyun Wan
Nama :
Alamat lengkap + kode pos :
Total order :
Jenis transfer (pilih BCA/MANDIRI) :

SMS ke : 0813 856 86955

Hari Sabtu dan Minggu kami tetap menerima pesanan anda.

Kami akan jawab SMS anda dengan menginformasikan biaya kiriman dan total yang harus ditransfer.
Selanjutnya kami akan menunggu transfer masuk sebelum paket bisa kami kirimkan.

Pengiriman paket setiap hari melalui Pos Indonesia, JNE atau TIKI
Pengiriman dengan Pos Indonesia terakhir dilakukan jam 14:00 setiap harinya kecuali hari Sabtu jam 12:00 dan Minggu pengiriman dilakukan oleh JNE.

0 komentar:

Posting Komentar

Template by:

Free Blog Templates